Pages

Selasa, 08 September 2020

Teruntuk Someone Special (pt.4)

 Oke, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada part tersendiri yang mau aku tulis tentang mbak de. 


Dena Mutia (Mbak De)

Nggak tau ya sudah semacam habit atau kebiasaan kalau pertama ngeliat orang trus ngerasa kayak "klik" ada yang beda, kayak ada suatu koneksi gitu, maka orang tersebut bakal berakhir jadi salah satu yang paling dekat atau paling berkesan buat aku. Ini udah aku buktiin beberapa kali, sama orang terdekat aku sekarang, kayak ada perasaan "ini orang bakal berarti banget nih buat hidup aku". Jadi, dari awal ngeliat Dena ini sama amy waktu itu di jurusan sewaktu masih ospek, trus ketemu lagi di gedung Bem Fakultas waktu sedang wawancara paitua atau foristek waktu itu. Dari awal liat sebelumnya udah penasaran mau ngobrol dan kenalan, karena waktu pertama liat itu kayak fascinating aja sama dia,baiiiik, cantik, auranya adem banget gitu, dan suaranya ya ampun lembutnya (eh lama2 malah cempreng ๐Ÿ˜). Jadi sewaktu duduk di paitua, kebetulan duduknya deketan dan agak di belakang, ketika temen-temen yang lain sibuk ngobrol sama senior, aku malah ngobrol sama dia, dan yang pertama dibahas itu drama korea coba, Boys Before Flower ๐Ÿ˜‚  ternyata dia juga anak non reguler dan BP blkgnya juga 7 yang artinya kita satu kelas. mulai dari sana mulai deh deket-deket karena langsung nyambung dan nyaman banget sama dia, oiya kalau nggak salah ingat mereka udah deket duluan mbak de, tuty, oja, ning, dan nta, aku aj yang nimbrung sama mereka. Trus jga karena bingung manggilanya apa 'De' atau 'Na' dan kupikir dia lembut banget kayak orang jawa jadilah manggilnya 'mbak de'. 

Karena sekelas, kemana-mana selalu sama-sama kayak nggak terpisahkan, tepatny aku yang nggak mau jauh, bahkan bolos kuliah bareng, lucunya kami juga sama2 agak bandel walaupun keliatannya anak teladan banget,  dan salah satu kebiasaan buruk aku juga, paling bisa bikin orang terdekatku kesal, kayak udah bakat alam. jadi walaupun aku paling dekat sama mbak De, aku juga paling sering berantem sama dia, sampai-sampai temen2 main grup yang lain mungkin dah hafal aja sama kami berdua kalau tiba2 aku nggak mau deketan sama mbak de karena ngambek nggak jelas, dulu maunya aku aj yang di perhatiin, kayak dia harus prioritasin aku ketimbang yang lain, which is dia nggak pernah mau dan nggak bisa (nggak salah sih) yeah i sound like a jealous brat, tapi ya gitu aku dulu, childish, egois, self centre. perkara dia lebih milih nebengin orang lain ketimbang aku aja langsung ngambek. sampai akhirnya tahun ajaran baru, semester 3 aku pindah kelas karena ikut pertukaran program dari non relguler ke reguler, di situ kalut banget dan itu masa-masa terendah selama aku kuliah, sempat galau karena satu sisi udah nyaman banget sama teman2 di kelas C, dan aku juga bukan tipe yang gampang adjust sama lingkungan baru, bisa adaptasi memang, cuma nggak bisa membangun keakraban yang lebih, takut nggak fit in, insecure banget pokoknya. dan pindah kelas, itu akhirnya pisah sama mbak De, nggak bisa ketemu mbak de tiap hari, nggak bisa belajar di kelas sama2, tapi waktu itu juga masa2nya lagi sering berantem sama mbak de, jadi sewaktu pindah kelas sempat mikir "mungkin ini yang paling baik, biar nggak berantem terus, dan biar nggak nangis terus karena mbak de" sampai nggak masuk kuliah sampai 3 minggu saking Downny, alhasil absen berantakan, IP sakom. di semester 4 mulai bangkit lagi,luckily aku punya support system terbaik waktu kuliah,yah anak2 main group emang pengertian banget, nggak peduli gimanapun aku sma mbak de berantem dan cuek2an, mereka nggak pernah memihak, mereka kyak udah ngerti "ah nih anak berdua ntar juga baikan lagi, cuma lagi kumat aja" dulu hal yang paling nggak di suka dari berantem dengan mbak de itu adalah selalu aku yang akhirnya minta maaf dan ngalah (walaupun emang asal berantemnya juga karena aku yang salah๐Ÿ˜†) tapi tetap aja mikirnya, coba sekali aja dia duluan yang mnta maaf. 

Sampai ada suatu waktu dimana aku bener2 marah sama mbak de, nggak bgtu inget kenapa kalau nggak salah karena msalah cwok ya (sebenarny bukan person, tapi lebih ketidakkonsistenan si mbak,tapi namanya juga hati sering terbolak balik), yang jelas kali itu aku marah bukan krna ngmbek nggak jelas tapi emg ada alasannya. pemicunya sewaktu malam2 aku nggak mau tidur sndirian d kos krna nggak ada orang, dan aku takut. mau nginep tempat mbak de dia nggak bolehin, karena dia lagi mau sendiri,butuh waktu sendiri (ini salah satu yang bikin dia sering kesel, aku nggak pernah mau ngertiin kalau dia butuh me time,  karena menurutku dulu itu cuma alasan dia nggak mau dket aku, krna dia nggak pernah larang yang lain buat deket) so malam itu nangis sejadi2nya sampai lorong kos, berharap mbak de bakal kasian dan ngebolehin ikut, tapi nggak dia ttp sama pendiriannya, dia balik ke kos dan ninggalin aku d jalan, di situ rasanya bener-bener sakiiiiit banget ๐Ÿ˜…akhirnya nelpon alfa smbil masih nangis, dia lgsg datang dan nggak ngmg ap2, cuma nanya aku mw kemna, krna bngung dan bneran nggak mau sndiri, akhrny mnta anterin ke kosan tuty,nginep bareng tuty, ning, oja malam itu aku bener2 janji sama diri sendiri, kalau emang mbak de nggak mw kenal dan dekat ya udah, aku juga berenti buat perjuangin persahabatan kami, kayak lelah banget berjuang sendiri tapi dia nggak pernah ngerasa butuh aku. di situ aku mutusin buat, ya udah deh mungkin emang lebih baik buat nggak kenal. lebih baik buat dia nggak di repotin oleh orang kayak aku. so next mulai besok2nya bener2 nggak ad mbak de dalam kamus iren, aku sibuk sama kuliahku sama temen2, nggak pernah sama2 lagi sampai banyak yang nanya "mana mbak de, kok nggak pernah sama2 lagi" atau "eh, iren sm mbak de knpa" saking krna emang dekatnya kami dulu, orang2 pada nyadar kalau kami lgi in bad terms. main group tetep ngumpul, tapi aku bener2 nganggap dia nggak ada in my eyes she is invisible, i'm so done waiting for her apologize. kayak, kalau emang mbak de nggak mau temenan sama iren, aku nggak bisa maksa, dan nggak bisa gantungin kenyamanan cuma sama orang yang nggak menginginkan kita. dalam kamus iren dulu "sahabat itu saling meneriama apa adanya kita" setiap ngumpul iren nggak pernah negor dia, ngeliat ke dia, kayak dia bener2 nggak keliat, nggak pernah nanyain dan cerewein dia, suddenly aku jadi nggak manja dan clingy sama dia. awal2nya berat banget, tapi lama2 jadi biasa, belajar buat ikhlas kalau ternyata kami emang udah terlanjur jauh, i love her so much and it's hurts. sampai suatu ketika miracles come, mbak de ngomong duluan dan minta maaf (sambil nangis kalau nggak salah ya) dia nggak suka aku diemin, nggak suka di jauhin dan di anggap nggak ada. aku waktu itu kaget, lega, tapi sedih juga, i never meant to hurt her. tapiii senang banget, berasa kayak di kasih tau kalau bukan cuma aku yang pengen persahabatan ini ada. perasaan mutual dan diinginkan, perasaan dihargai keberadaannya. daaan yah gitu aja, dia minta maaf, kita baikan lagi dan even closer than ever. mbak seharusnya tau aku tuh nggak pernah benci dan bisa marah lama2 sama dia, dia kayak kakak cewek i've always ask for. 

Kami jadi mkin deket dari sbelum2nya, aku nyoba belajar buat ngerti dia juga butuh waktu untuk diri sndiri, btuh privacy, anehnya aku cuma gitu sama mbak de aj, over possesive, but i got the lessons. mbak de jadi deket sama babeh, aku juga deket sma ibing, kikik, pipi, mimi. mereka udah kayak keluarga sendiri. kita liburan bareng ke kampungnya mbak, naik motor bertiga ibing, dan itu salah satu moment terbaik banget sewaktu kuliah, touring naik motor lewat sitinjau lauik, terus ke solok lewatin danau singkarak sampai tembus ke arah matur, nginep d matur ketemu om ca, ke kolam ikan, main di matur yang seger banget udaranya dan pulangnya lewat padang panjang, tembus pariaman. 

Dan dulu tiap mbak sakit, rasanya kayak ngerasain sakit yang sama, karena nggak mau aja liat mbak sakit sendiri, pernah mbak di rawat dan itu sediiih banget karena nggak tau kalau mbak udah sesakit itu,  karena nggak tega banget liat mbak de yang super strong anaknya eh sakit dan pucet, mbak juga kurusan dan itu bener-bener bikin sedih, ya Allah aku sayang banget sama temen dan kakak yang satu ini, plis sembuhin sakitnya karena ngeliat dia pucet dan lemah kayak gitu bener2 bikin pengen nangis. tapi disana ada terharunya juga karena pas pulang, terus mbak bilang iren nggak usah pulang, nginep disini aja temenin mbak, aku bener2 terharu karena dri awal emg udah mau stay nemenin mbak dan mimi, tapi tkut nggak di bolehin sm mbak, mbak kan sering gitu kalau di peduliin malah ngusir. ๐Ÿ˜… ya udah akhirnya nginep di klinik nemenin mbak sama mimi, walaupun udah pucet,lemes tapi dia tetap nggak ninggalin shalat, disitu aku bangga banget sama mbak, bersyukur juga Allah nemuin aku sama sahabat sebaik dia, makanya paling nggak suka kalau mbak lagi bandel, karena dimata aku dia itu malaikat banget. :) but indeed dia itu jga manusia kadang ada salahnya, jadi nggak boleh berekspektasi lebih sama makhluk yang bukan tuhan. ^^ makin lama, aku kayak belajar buat makin dewasa, nggak boleh maksa2 mbak, atau tiba2 ngambek dan jealousan nggak jelas. 

Sampai sewaktu mbak nikah dan aku datang dari tebo ke dumai naik angkutan umum sendirian karena ku pikir aku bakal nyesel banget kalau aku nggak datang di moment penting dalam hidupnya. disana mbak nangis pas temennya datang, trus malamnya dia mnta maaf dan bilang, dia nggak maksud nangis gitu pas temennya datang dan biasa aja pas aku datang, dia nggak maksud nunjukin kalau dia lebih senang temennya datang dan biasa aja pas aku datang, dan disana aku bener2 ketawa dan senyum aja karena aku nggak pernah mikir gitu, karena yang aku lakuin itu buat aku sndiri, karena aku nggak mau nyesal karena udah lewatin moment terbaik dalam hidupnya, aku udah seneng banget bisa ada disaat2 paling bahagia buat dia, thats it. tapi makasih karena dia udah bilang itu, nggak nyangka aja dia bisa mikirin perasaan aku sampai segitunya, awlnya d sruh tdur d htel aja tapi aku mutusin buat nginep dan tdur bareng sma mbak aja, malam terakhir sebelum dia akhirnya ada temen bobok yang sah. wkwkwkwk, dia seberharga itu guys!

Mbak, kalau kamu baca ini suatu hari nanti, aku cuma mau bilang, aku nggak pernah nyesal dulu pernah kamu bikin nangis, aku juga nggak pernah benci mbak, karena dulu ketika aku memutuskan buat pergi, mbak yang mengulurkan tangan buat datang kembali, dari situ aku paham dalam persahabatan kita bukan cuma aku yang selalu butuh kamu, tapi kita selalu ada untuk satu sama lain, makasih mbak udah ngeraih tangan iren dulu, saat aku sudah siap untuk melepaskan. mbak, hal yang paling membahagiakan dari menjadi sahabatmu adalah setiap mengingatmu maka akan mengingatkanku pada tuhan ๐Ÿ’— mbak nggak bakal berenti merepet sebelum aku shalat awal waktu, atau ngancem nggak mw kenal lagi kalau aku tiba2 bandel mau pulang ke kos nggak pakai jilbab. hal-hal sederhana yang bikin kangen. yang paling menyedihkan itu, kamu dulu keliatan nggak mau main sama aku, tapi mau main sama yang lain, kayak keliatan nggak sukanya, tapi itu juga karena yang lain nggak pernah ngerecokin waktu kamu sebanyak aku ngerecokin kamu mbak. ๐Ÿ˜† makasih mbak sudah bertahan dengan segala sifat aneh dan egoisku. Sifat dan sikap mbak mengajarkan banyak hal, dan membawa perubahan besar dalam hidup aku. Mbak, plissss stay by my side till jannah. :)

Tidak ada komentar: